Comments Off

REVIEW: BlackBerry Paling Murah, Curve 9220

VIVAnews - BlackBerry Curve 9220 dilepas di pasaran dengan harga paling murah dibanding OS 7.1 lain, Rp1,999 juta saja. Produsen BlackBerry, RIM mengedepankan fitur terbaru tombol BlackBerry Messenger (BBM) pada sisi kiri smartphone ini. Layanan BBM masih menjadi fitur terkuat dalam smartphone ini.

Secara desain, ponsel ini tidak mengesankan kemewahan ponsel kelas menengah. Curve 9220 menjual kebaruan dengan OS 7.1., namun kemampuan OS ini dibatasi perangkat kerasnya. Tidak semua kenikmatan OS 7.1 yang dijanjikan hadir di sini.

Smartphone ini dapat menjawab kebutuhan pengguna untuk layanan BBM. Harga murah ini juga mampu merangkul remaja hingga dewasa muda. Bahkan, pengguna baru yang hendak berpindah dari ponsel berfitur ke smartphone. Bisa juga untuk Anda yang memiliki teman-teman yang selalu menanyakan nomer PIN BB Anda.

Desain

Tampilan smartphone ini seperti standar baku RIM yang susah berubah. Desain candybar dengan keyboard QWERTY, layar sempit, dan trackpad.

Lapisan pembungkus dari plastik terasa licin di tangan. Kalau Anda ceroboh, Curve 9220 lebih mudah tegelincir dari tangan ketika Anda sibuk BBM-an. Bagian karet pada pinggir tidak menolong. Casing plastik mengilap ini “memamerkan” jejak sidik jari dan minyak. Untuk tangan yang sering berkeringat, bagian terluar ini akan mudah sekali tampak kotor.

Perbedaan garis desain dengan sang kakak, BlackBerry Curve 8520 atau Gemini 2G terlihat dari puncak smartphone. Bagian tombol penghubung ke fitur media untuk memutar musik dihilangkan, diganti dengan tombol menyalakan dan mematikan perangkat.

Keputusan ini sungguh disayangkan mengingat penikmat musik tidak bisa mendapat akses cepat. Satu tombol power pun tidak banyak memakan ruang.

Kekhasan Curve 9220 pada tombol BBM yang ditulis dengan jelas dengan keterangan di sampingnya, “BBM”. Tapi, tombol akses cepat BBM ini bisa dipindahkan dari sisi kiri ke kanan. Anda hanya perlu membuka opsi Pengaturan untuk mengubah Convenience Key.

Keyboard QWERTY masih menjadi bagian unggulan BlackBerry. Curve 9220 memiliki keyboard yang empuk. Bahkan, terasa lebih mudah ditekan dibanding BlackBerry Bold 9790. Jarak antar keyboard memberi ruang pergerakkan dua jempol yang termasuk lega. Tapi, materi plastik sekelilingnya membuat keyboard cepat licin.

Layar

Ukuran mungil 2,44 inci tidak membuat kualitas gambar pada layar surut. Dengan resolusi 320×240 piksel, Curve 9220 mampu menampilkan gambar lebih terang dibanding Curve 8520. Ikon-ikon aplikasi dan fitur pun tampak tajam.

Begitupula ketika menyaksikan video. Layar dengan 65 ribu warna ini menayangkan video dengan warna-warni cerah.

Warna pada Layar BlackBerry Curve 9220

OS 7.1

BlackBerry OS 7.1 memberikan pengembangan baru yang menjanjikan, mulai mengejar Android OS. Kendati tetap saja terlambat. Keinginan mencicipi WiFi tethering ala Android v2.2 belum bisa terwujud. Bahkan, smartphone Android murah meriah Samsung Galaxy Y yang sekitar Rp1,3 juta saja sudah bisa menikmatinya.

Curve 9220 tidak menyertakan fitur Mobile Hotspot. BlackBerry Tag untuk berbagi konten dan data dengan kekuatan teknologi NFC pun tidak ada. WiFi Calling juga belum didukung di sini. Begitupula dengan penawaran diskon via BlackBerry Maps.

Keunggulan OS 7.1 pada Curve 9220 diberikan dengan kehadiran radio FM dan penghemat daya baterai, Battery Saver. Rasanya seperti hadiah hiburan.

Antarmuka OS 7.1 tampil rapi dengan mengelompokkan aplikasi dan fitur. Ada lima pilihan yakni semua aplikasi dan fitur, favorit, media, hasil unduhan, dan yang paling sering digunakan.

Halaman Rumah OS 7.1

Kamera

Akses tombol fisik penghubung kamera mengakses dengan cepat, hanya 1,4 detik saja. Ketika Anda melihat obyek menarik, secara spontan Anda bisa langsung memotretnya.

Untuk hasil, jangan berharap banyak. Rana kamera ini lama dalam merespon obyek bergerak, apalagi dalam pencahayaan remang dan dalam ruangan. Tanpa bantuan flash, Anda harus memegang smartphone dengan dua tangan agar tidak goyang.

Saturasi warna yang ditampilkan tergolong memadai untuk menangkap warna-warni cahaya panggung saat memotret konser. Tapi, hasil foto kurang menampilkan detail yang tajam.

Hasil Foto Kamera BlackBerry Curve 9220

Hiburan dan Informasi Terkini

Launcher YouTube dan aplikasi jejaring sosial sudah ditanamkan sejak awal. Untuk membuka YouTube Mobile, Curve 9220 membutuhkan waktu 6,5 detik. Sementara untuk mulai streaming, Anda hanya perlu menunggu 7,4 detik. Browsing juga termasuk cepat. Membuka laman Vivanews membutuhkan 3,4 detik. Semakin baik koneksi internet, tentu bisa berpengaruh.

Browser BlackBerry Curve 9220

Layanan musik yang diberikan Curve 9220 tidak mengalami peningkatan. Tapi, speaker built-in pada bagian bawah mampu mengantar lagu dengan suara yang jernih untuk berbagai genre musik. Kini Anda tidak perlu streaming radio online. Curve 9220 sudah memuat fitur radio FM. Memutar videoklip dengan format 720p pun bisa.

Aplikasi Music Store memberikan cuplikan lagu-lagu. Anda bisa membeli lagunya secara digital dengan akun Amazon.com.

Aplikasi resmi Facebook dan Twitter sudah diinstal. Anda bisa menggantinya dengan yang lebih nyaman digunakan dengan mengunduh melalui BlackBerry App World. Apabila malas terlalu banyak menginstal aplikasi, Anda bisa memusatkan semua komunikasi dan kabar terbaru dari jejaring sosial melalui aplikasi Social Needs.

BlackBerry Messenger

Fitur unggulan yang menyebabkan BlackBerry populer, BlackBerry Messenger (BBM) membukan integrasi dengan 100 aplikasi dari App World. Langkah ini memudahkan Anda mengorganisasi kontak dan berbagi dengan rekan BBM.

Integrasi Aplikasi App World dengan BBM

 

Bisnis

Pekerjaan dapat dimudahkan dengan aplikasi Documents to Go. Anda bisa membaca kiriman data-data dari kantor. BlackBerry Protect akan melindungi data kantor Anda, terutama ketika BlackBerry hilang.

Pelindung Data, BlackBerry Protect

Minus

-Material casing plastik
-Koneksi 2G, bukan 3G
-Fitur OS 7.1 yang terbatas
-Kualitas foto

Rival

Harga serupa, spesifikasi dan fitur lebih baik. Tapi, minus BBM. Anda bisa pertimbangkan:

-Sony Ericsson Xperia Mini Pro
-Samsung Galaxy Ace

Secara keseluruhan, smartphone ini memangkas teknologi dan fitur untuk penyesuaian harga. Di bawah 2 juta, pengguna BlackBerry baru dan memiliki budget terbatas sudah bisa menikmati OS terbaru 7.1.

 

Filed in: Gadget Terbaru Tags: , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 Teknologi Terkini. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.