Comments Off

Menjajal Tablet Android dengan Fitur Televisi dan Radio

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi memungkinkan seseorang tak lagi perlu membawa beragam perangkat untuk melakukan berbagai hal. Pada mulanya, ponsel yang memiliki kemampuan ini. Dengan hanya membawa satu ponsel, pengguna bisa menelepon, mengirim pesan singkat, mendengarkan radio, musik, hingga memotret. Belakangan, ponsel juga bisa memutar video dan bahkan bisa digunakan untuk browsing internet dan menonton televisi.

Kini semua kemampuan itu berpindah ke tablet, dengan kelebihan, tablet memiliki layar yang lebih besar daripada ponsel. Tablet kini memiliki banyak kemampuan yang juga bisa membuat penggunanya tak lagi harus membawa banyak perangkat untuk melakukan banyak hal.

Kali ini, Kompas.com mencoba menggunakan Cyrus TV Pad, sebuah tablet Android yang diproduksi oleh PT. Mitra Komunikasi Nusantara. Produsen tablet ini mengklaim bahwa Cyrus TV Pad merupakan tablet Android pertama yang memiliki fitur televisi. Mari kita jelajahi produk ini.

Desain
Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193,5 x 126,4 milimeter dengan ketebalan 14 milimeter. Layarnya merupakan WVGA TFT LCD dengan resolusi 800 x 480 piksel). Hanya memiliki satu varian warna yaitu hitam, dengan keseluruhan sisi berwarna silver.

Dalam posisi vertikal, di bagian atas terdapat antena televisi, port untuk charger, dan tombol power. Di bagian kanan terdapat tombol untuk pengaturan volume suara. Lalu di bagian bawah terdapat port untuk earphone.

Sedangkan di bagian belakang, tempat untuk baterai, juga dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan kartu SIM GSM seperti halnya pada ponsel. Karena Cyrus TV Pad sudah di-bundling dengan Telkomsel Flash, maka kartu SIM yang support untuk tablet ini adalah SIM dari Telkomsel Flash yang telah diberikan saat pembelian produk ini.

Mulai Menggunakan dan Perkenalan Tampilan Awal

Ketika menekan tombol power untuk menyalakan tablet dari kondisi mati, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih satu menit untuk menunggu tablet memulai sistem operasinya. Tentu saja bila dalam kondisi standby, tablet ini bisa langsung digunakan.

Ketika halaman awal terbuka, Anda akan langsung masuk ke antar muka yang terkunci. Buka kunci dengan menyentuh dan menggeser kunci ke sebelah kanan, maka halaman awal akan terbuka. Sebelum memulai melakukan "penjelajahan" fitur, anda harus melakukan registrasi untuk paket data Telkomsel Flash. Registrasi bisa dilakukan melalui pesan singkat langsung dari tablet. Setelah registrasi, anda bisa mencoba menelepon menggunakan tablet atau mengirim pesan singkat dari tablet ke ponsel Anda. Lalu mulai menjelajahi internet dengan tablet ini.

Halaman awal Anda akan berisi aplikasi standar Android seperti Telepon, Pesan, Browser, Messaging, dan Peta Navigasi. Untuk Cyrus TV Pad, Anda sudah langsung memiliki aplikasi Cyrus TV dan Cyrus FM Radio yang bisa langsung digunakan. Anda bisa mengatur tampilan halaman awal Aanda, termasuk memilih aplikasi apa saja yang harus ada di halaman awal. Di bagian atas halaman awal, ada fitur notifikasi, dimana Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi, Bluetooth, akses data, suara, dan kemampuan tablet untuk berganti posisi, langsung dari halaman awal.

Menonton Televisi dan Mendengarkan Radio

Cyrus TV Pad memiliki aplikasi Cyrus TV Pad dan Cyrus FM Radio yang bisa diakses secara analog, sehingga tidak membutuhkan akses internet. Untuk menonton televisi, cukup klik pada aplikasi Cyrus TV Pad, lalu klik OK jika ada pertanyaan apakah Anda menonton televisi dalam kondisi aman, tidak sedang menyetir atau berjalan di jalanan.

Anda bisa mengganti channel dengan menyentuh pada layar dan menyentuh tombol plus atau minus untuk menuju channel selanjutnya. Untuk mengatur volume pun bisa dengan langsung menyentuh pada layar.

Untuk memperjelas tampilan, keluarkan antena televisi dan ubah posisinya hingga membuat televisi terlihat lebih jelas. Terdapat belasan pilihan channel televisi lokal dan nasional yang bisa diakses dari televisi analog ini. Selain televisi analog, ada pula layanan televisi streaming yang menggunakan akses internet dan harus berlangganan terlebih dahulu. Aplikasi ini terpisah dengan aplikasi televisi analog.

Untuk radio, hanya tersedia radio analog yang bisa diakses dari aplikasi Cyrus FM Radio. Suara akan terdengar jelas jika menggunakan earphone dan Anda bisa mencari frekuensi dengan menyentuh layar dan menggunakan klik pada tanda panah untuk memindahkan frekuensi.

Kamera

Kamera bisa digunakan seperti halnya menggunakan kamera pada ponsel pintar. Selain bisa memotret, kamera Cyrus TV Pad dengan lensa 5 megapiksel ini bisa juga digunakan untuk merekam video hingga satu jam. Hanya saja, suara pada video tidak begitu jelas. Untuk sekadar merekam dan memotret, kamera ini bisa diandalkan.

Bermain Game

Tablet ini bisa digunakan untuk bermain game seperti Angry Birds Rio, AirAttack HD, Pinball HD for Tegra, Stupid Zombie, dan YooNinja Free. Game-game untuk casual gamer masih cukup lancar dimainkan di tablet ini. Beragam game juga bisa di-download dari Android Market. Kualitas suara dan grafis masih jelas dan cukup kiranya untuk mengisi waktu luang di sela kesibukan atau sedang menunggu sesuatu.

Mendengarkan Musik dan Menonton Video

Karena tablet ini tidak memiliki port USB, Anda hanya bisa mendengarkan musik dan menonton video setelah men-download musik dan video tersebut dan menyimpannya di tablet. Anda juga bisa memutar video dari Youtube secara streaming melalui aplikasi Youtube yang telah tersedia dan menggunakan jaringan internet dari Telkomsel Flash atau Wi-Fi.

Browsing Internet

Anda bisa melakukan browsing internet menggunakan browser standar yang sudah ter-install di tablet. Anda juga bisa men-download browser lain yang tersedia di Android Market, misalnya Opera Mini. Untuk beberapa jejaring sosial, Anda tidak membutuhkan browser untuk mengakses website tersebut, melainkan bisa langsung dari aplikasi. Aplikasi Facebook, Twitter, Ubersocial, LinkedIn, Yahoo Messenger, bahkan aplikasi Kompas.com tersedia di Android Market dan bisa Anda download, untuk melengkapi pengalaman anda menggunakan tablet Android 2.3 (Gingerbread) ini.

Ketahanan Baterai

Dibutuhkan waktu 3,5 jam untuk mengisi baterai (charging) tablet ini dari kondisi baterai kosong. Jika dinyalakan tanpa penggunaan, tablet bisa bertahan selama 8 jam. Jika digunakan menonton televisi, mendengarkan radio, atau browsing internet, maka tablet hanya akan bertahan 3 jam.

Ditambah lagi jika berlangganan paket unlimited yang memungkinkan aplikasi jejaring sosial terus berjalan dan mengirimkan notifikasi, tablet ini hanya bertahan kurang dari 3 jam.

Kekurangan Tablet untuk Evaluasi

Untuk tampilan LCD, tablet ini cukup mengecewakan karena terdapat pembiasan cahaya. Untuk semua tampilan, baik wallpaper, game, terutama kamera, layar LCD pada tablet ini tidak bisa diandalkan. Anda akan menemukan garis-garis berwarna hijau yang mendekati sumber cahaya. Hal ini agak berkurang jika anda menggunakan live wallpaper, namun untuk game dan kamera, garis-garis hijau ini cukup mengganggu. Warna hijau ini juga tidak terlihat jika menonton televisi analog.

Untuk hasil foto pada kamera, Kompas.com mencoba membandingkan ketika melihat hasil foto langsung dari table dan melihat hasil foto dari komputer. Tampilan fotonya ternyata berbeda. Ini menandakan, kekurangan ada di layar LCD tablet ini, sehingga hasil foto sebagus apapun tidak akan tampak bagus di tablet ini. Anda harus mentrasfer hasil foto anda ke jejaring sosial atau e-mail lalu melihatnya di perangkat lain untuk melihat hasil foto yang sesungguhnya. 

Filed in: Gadget Terbaru Tags: , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 Teknologi Terkini. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.