Comments Off

Inilah Perilaku Pembeli Gadget Indonesia Saat Online

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembeli Indonesia lebih mementingkan brand dan harga ketimbang performa gadget sebelum melakukan pembelian. Demikian menurut data Telunjuk.com, situs yang memfasilitasi pencarian gadget (handphone, laptop, dan tablet).

Pengunjung Telunjuk.com diberi kesempatan untuk melakukan pencarian berdasarkan spesifikasi tertentu, misalnya ponsel dengan OS Android, ber-GPS yang harganya di bawah Rp 2 juta. Berdasarkan data yang dimiliki tim Telunjuk.com selama bulan April 2012, tiga spesifikasi yang paling dicari  pada handphone adalah brand (21.2%), harga (17.9%) dan OS(11.9%).

CellphoneSearchTrendIndonesiaApril2012
Lalu brand apa sebenarnya yang paling dicari? Jawabannya adalah Samsung (29%), BlackBerry (18%) dan Sony/Sony Ericsson (15%).

Sementara harga yang paling dicari ada pada rentang di bawah Rp 2 juta-an. OS? Nampaknya sudah sangat jelas bahwa pencarian OS didominasi oleh pengguna yang mencari perangkat ber-OS android.

Untuk laptop, tiga spesifikasi yang paling dicari adalah harga (23.8%), brand (20.6%) dan tipe prosesor (15.4%). Sementara itu, urutan selanjutnya adalah ukuran laptop, sistem operasi, besar memori dan ukuran harddisk. Secara umum, data ini menunjukkan bahwa brand laptop (terlepas dari harga) masih merupakan parameter penentu pembelian laptop.
 
LaptopSearchTrendIndonesiaApril2012
Brand yang paling banyak dicari adalah Asus (27%), Acer (14%) dan Toshiba (9%). Sementara rentang harga yang paling banyak dicari adalah Rp 1 hingga Rp 3 juta-an. Untuk tipe prosesor, Intel masih sangat mendominasi tiga pencarian tertinggi secara berturut-turut, yakni Intel i5 (26.4%), Intel i3 (25.6%), dan Intel i7 (17.6%).

Bagaimana dengan Anda?

 

Filed in: Lain-lain Tags: , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 Teknologi Terkini. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.