Comments Off

Brother Hadirkan Solusi Cetak Foto Langsung dari Ponsel

KOMPAS.com – Ketika memotret dengan ponsel, kita harus memindahkan data gambar ke komputer, melakukan editing, baru kemudian melakukan pencetakan (print). Ada banyak tahap yang dilakukan untuk mencetak gambar yang ada di ponsel.

Bagaimana bila kita ingin mencetak gambar langsung dari ponsel? Produsen printer Brother punya solusinya.

Dengan tiga printer terbaru dari Brother ini, Anda dapat nge-print langsung dari ponsel, tanpa perlu menggunakan komputer sama sekali. Printer-printer tersebut adalah Brother New Inkjet Series DCP-J725DW, MFC-J430W, dan MFC-J625DW.

Lalu bagaimana caranya? Sebelumnya, ponsel iPhone atau Android Anda harus sudah memiliki aplikasi ‘iPrint and Scan’. Aplikasi ini bisa diunduh dari App Store dan Android Market. Setelah aplikasi di-install, Anda harus terhubung dengan jaringan WiFi agar bisa terhubung dengan printer.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa mencetak foto/dokumen dari Android dan iPhone. Khusus untuk Apple, printer ini juga mendukung produk lain Apple seperti iPod dan iPad.

Foto atau gambar dari ponsel Anda bisa diedit, dicetak, menggunakan aplikasi tersebut. Filenya pun bisa langsung disimpan di iCloud atau di-share ke Facebook.

Selain langsung terhubung dengan ponsel pintar menggunakan koneksi wireless, mencetak gambar dengan printer ini juga bisa menggunakan berbagai jenis kartu memori, seperti Memory Stick duo/pro/pro duo, microSD, SD card, atau MMC card.

Printer layar sentuh multifungsi

Ketiga printer ini bisa juga berfungsi sebagai mesin scan, fax, dan photo copy. Ketiganya merupakan printer dengan layar sentuh dan memiliki layar preview sebelum foto dicetak.

Sebagai printer, produk ini memiliki keunggulan fitur Photo Print Tab, dimana pengguna bisa memilih file yang akan dicetak, menentukan jumlah print setiap file, hanya dengan menggunakan satu tab.

Fitur Ink Save Mode membantu pengguna mencetak teks bergambar, menjadi warna hitam-putih, dengan tetap mempertahankan warna hitam teks.

"Biasanya saat mencetak gambar berwarna ke dalam format hitam-putih, maka teks akan berubah warna menjadi abu-abu, mengikuti gambar, sedangkan dengan printer ini, kita bisa membuat gambar menjadi abu-abu dan  teks tetap hitam normal," ujar Deny Santosa, Sales dan Marketing Manager PT. Brother International Sales Indonesia, dalam jumpa pers di Hotel Shangri La Jakarta, Senin (9/12/2012).

Printer ini juga bisa melakukan print bolak-balik, sehingga bisa menghemat penggunaan kertas. Dengan teknologi Duplex yang dimiliki printer ini, maka meskipun melakukan print bolak-balik, tinta tidak akan tembus ke belakang sehingga tidak mengganggu tampilan cetak.

Sebagai scanner, produk ini memiliki fitur Pre-scan, yakni pengguna dapat melakukan scan pada gambar ukuran besar dengan resolusi rendah, kemudian hasil scan-nya di-crop dan dipilih bagian mana yang akan diambil, lalu bagian itu yang kemudian di-scan ulang dengan resolusi tinggi.

Ada pula fitur Auto Crop, dimana pengguna bisa memasukkan banyak gambar ke dalam mesin scan sekaligus dan scanner akan memisahkan secara otomatis setiap gambar ke dalam file yang berbeda-beda.

Tanpa kabel

Ketiga jenis printer ini bisa terhubung dengan 25 PC atau laptop dengan menggunakan jaringan wireless. Jika tidak ada koneksi wireless, maka printer ini sendiri yang akan berfungsi sebagai router wireless.

Sehingga, printer ini tidak membutuhkan kabel untuk bisa terkoneksi dengan PC atau laptop manapun, seperti printer-printer yang sudah ada selama ini.

Filed in: Lain-lain Tags: , , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 Teknologi Terkini. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.